Sabtu, 03 Desember 2011

MELAKUKAN PENILAIAN SUMATIF

MELAKUKAN PENILAIAN SUMATIF

            Evaluasi sumatif  didefinisikan sebagai desain studi evaluasi dan pengumpulan data untuk memverifikasi efektivitas bahan pengajaran dengan target pelajar. Tujuan utamanya adalah untuk menentukan digunakan atau tidak bahan pengajaran di lingkungan sekitar dan mengadopsi bahan yang berpotensi untuk kebutuhan instruksional
Evaluasi sumatif memiliki dua fase utama: penilaian ahli dan uji coba lapangan. Tujuan dari tahap penilaian ahli untuk menentukan apakah digunakan instruksi atau instruksi lainnya yang memiliki potensi untuk kebutuhan instruksional. Tujuan dari tahap uji coba lapangan untuk mendokumentasikan efektivitas pengajaran yang menjanjikan dengan anggota kelompok sasaran dalam pengaturan dimaksud. Analisis dan keputusan yang harus dibuat selama setiap tahap.
Kegiatan yang dilakukan dalam tahap penilaian ahli adalah (l) mengevaluasi kesesuaian antara kebutuhan instruksional pengajaran, (2) mengevaluasi kelengkapan dan ketepatan pengajaran, (3) mengevaluasi strategi instruksional yang terkandung dalam pengajaran, (4) mengevaluasi utilitas dari instruksi, dan (5) menentukan kepuasaan pembelajaran.
            Tahap uji coba lapangan memiliki dua komponen. Pertama adalah hasil analisis, yang melibatkan dan menentukan efek instruksi pada peserta didik. Kedua, analisis manajemen, meliputi penilaian sikap instruktur dan supervisor yang terkait dengan kinerja pelajar, pelaksanaan kelayakan, dan biaya. Tujuan utama dari percobaan lapangan adalah untuk menemukan baik kekuatan dan kelemahan dari instruksi, untuk menentukan penyebabnya, dan untuk mendokumentasikan kekuatan dan masalah.
Evaluasi sumatif yang baik akan memerlukan kerja sama dari orang-orang yang melaksanakan instruksi. Mereka harus merasa bahwa mereka adalah bagian penting dari studi ini.
Diadaptasi dari : http://kuliahemka.wordpress.com/category/model-dick-carey/ diakses minggu 20 nopember 2011 jam 07.03 WIB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar